Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

NU


Kepemimpinan adalah kedudukan yang menentukan dalam menggerakkan roda organisasi. Kepemimpinan di dalam manajemen organisasi berfungsi atau berperan menciptakan perubahaan  (create to change).Oleh karena itu kepemimpinan menjadi sangat menentukan. Suatu  bentuk kepemimpinan situasional, dalam arti mampu mengambil peran dalam situasi dan kondisi serta peluang yang tepat dapat mengambil keputusan dan kebijakan yang tepat, amat dibutuhkan oleh suatu organisas sosial seperti Nahdlatul Ulama Kepemimpinan seperti ini  akan menjadi faktor menentukan kemajuan organisasi tersebut. Oleh sebab itu konsep  kepemimpinan situasional belakangan banyak memperoleh perhatian dan menjadi bahan dalam latihan kepemimpinan dan kaderisasi berbagai organisasi.

Pentingnya diperkenalkan konsep kepemimpinan semacam itu di jajara kepemimpinan NU,   khususnya dari jajaran Syuriyah, adalah dalam rangka merevitalisasi fungsi kepemimpinan dalam memajukan manajemen atau pengelolaan organisasi.   Jajaran kepemimpinan  Syuriah biasanya diisi oleh kader-kader yang berasal dari lingkungan dan sebagai besar lebih berlatar belakang pendidikan pesantren. Model  kepemimpinannya persis tergambarkan pada sosok dan prototipe kepemimpinan informal kyai yang umumnya cenderung kurang memperhatikan pentingnya fungsi tata kelola organisasi.  Sudahlah pasti ada kekecualiannya.  Sosok pemimpin seperti K.H.  Mahfudh Siddiq, yang latar belakangnya pesantren, tetapi saat memimpin NU pada tahun-tahun 30-an, sudah merintis pentingnya tata kelola organisasi NU, kaya inisiatif dan amat responsif terhadap perkembangan zaman. Almaghfurlah  tersebut merupakan contoh nyata model kepemimpinan situasional yang pernah dimiliki Nahdlatul Ulama yang perlu direaktualisasikan.

Dengan mereaktualisasi model kepemimpinan situasional seperti itu melalui  pemberian pengetahuan dan konsep dasarnya dari teori-teori kepemimpinan dan manajemen modern, diharapkan dapat mendorong perkembangan dan  proses internalisasi model kepemimpinan manajerial di lingkungan jam’iyah Nahdlatul Uiama di semua tingkatan. Implementasi model kepemimpinan manajerial ini  diharapkan  akan berdampak dapat mendinamisasi kehidupan keorganisasian NU.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar